Senin, 21 Mei 2012

PERCAKAPAN BAHASA ARAB (PERGI KE DOKTER='INDA THABIB)


: الضغط مرتفع، والسكر أيضًا. ماذا حدث؟
الطبيب
Tekanan darah tinggi dan gula juga. Apa yang telah terjadi?
Dokter
: تناولت دواء الضغط، ودواء السكر.
المريض
Saya telah minum obat tekanan darah dan obat gula.
Pasien
: أعتقد أنك لم تتبع الحمية.
الطبيب
Saya yakin anda tidak mengikuti aturan diet (pantangan)

: هذا صحيح، فقد تناولت كثيرًا من السكريات والدهون والنشويات.
المريض
Betul, saya telah mengkonsumsi banyak (makanan/minuman) yang mengandung gula dan kolesterol

: وأعتقد أنك لم تمارس الرياضة أيضًا.
الطبيب
Dan saya rasa anda juga tidak melakukan olahraga

: حاولت ذلك، ولكن لم أستطع، فأنا مشغول دائمًا.
المريض
Saya telah berusaha untuk itu, akan tetapi saya tidak sanggup. Karena saya selalu sibuk.

: حالتك خطيرة. لابد من الحمية، ولابد من الرياضة. الدواء وحده لا يكفي.
الطبيب
Kondisimu mengkuatirkan. (Anda) harus mengikuti diet dan harus melakukan olahraga. Obat saja tidak cukup.

: ماذا أفعل يا دكتور ؟
المريض
Apa yang harus saya lakukan, wahai dokter?

: اتبع الحمية، ومارس الرياضة، وتناول الدواء، وقابلني بعد شهر.
الطبيب
Ikutilah diet makanan, rajinlah berolahraga dan minum obat. Lalu datanglah kepadaku setelah sebulan.

( بعد شهر يقابل المريض الطبيب)

Setelah sebulan pasien menghadap dokter

: الضغط عادي، وكذلك السكر. ماشاء الله ! ماذا فعلت ؟
الطبيب
Tekanan darahmu sudah normal, demikian pula kadar gula. Masya Allah. Apa yang anda lakukan?

: اتبعت الحمية، ومارست الرياضة، وتناولت الدواء.
المريض
Saya mengikuti diet makanan dan rajin berolahraga serta minum obat

: أحسنت. قابلني بعد ستة أشهر.
الطبيب
Bagus. Datanglah kepadaku setelah enam bulan.

: إن شاء الله، وجزاك الله خيرًا
المريض
Insya Allah. Semoga Allah membalas kebaikanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar