Senin, 21 Mei 2012

PERCAKAPAN BAHASA ARAB (BEGADANG DI LUAR RUMAH=SAHARU KHARIJ BAIT)

: أريد أن أترك زوجتي.
ناصر
Saya mau meninggalkan isteriku
Nasir
: لا حول ولا قوة إلا بالله. ماذا هناك ؟ّ!
فيصل
Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Ada apa gerangan?
Faisal
: لا أحبها.
ناصر
Saya tidak mencintainya

: لا تحبها ؟! كيف عشت معها كل هذه السنوات ؟!
فيصل
Engkau tidak mencintainya?! Bagaimana engkau hidup bersama selama bertahun-tahun ini?!

: لا أدري... لا أدري... لا أحبها.
ناصر
Saya tidak tahu... saya tidak tahu... saya tidak mencintainya

: كنت تقول دائمًا: إنها زوجة طيبة، ومؤدبة ومطيعة. ماذا حدث؟!
فيصل
Engkau dulu selalu berkata: dia seorang isteri yang baik, santun dan patuh. Apa yang terjadi?!

: كنت أحبها فعلاً، ولكنها تغيرت كثيرًا.
ناصر
Saya dulu memang mencintainya, akan tetapi dia sekarang banyak berubah.

: كيف تغيرت؟
فيصل
Berubah bagaimana?

: أصبحت مهملة، لا تهتم بي، ولا بالبيت. تهتم بنفسها وبصديقاتها فقط.
ناصر
Dia mendadak bersikap cuek, tidak mementingkanku dan tidak pula rumah. Dia lebih mementingkan dirinya dan teman-temannya saja

: هل تكلمت معها في هذا الأمر؟
فيصل
Apakah engkau sudah berbicara dengannya dalam perkara ini?

: تكلمت معها كثيرًا، ولكنها عنيدة.
ناصر
Saya telah membicarakan dengannya banyak kali, akan tetapi dia berpaling

: هل تغيرت أنت؟
فيصل
Apakah engkau sendiri telah berubah?

: نعم، أصبحت أسهر كثيرًا خارج البيت.
ناصر
Iya, saya banyak menghabiskan waktu malam di luar rumah

: قد يكون هذا هو السبب. لا تسهر خارج البيت.
فيصل
Sungguh ini dia sebabnya. Jangan begadang di luar rumah.

: سأفعل ذلك.
ناصر
Saya akan melakukan itu

: إذن ستهتم زوجتك بك وبيتها، بإذن الله.
فيصل
Kalau demikian, isterimu pun akan mementingkanmu dan rumahnya, dengan izin Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar